Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Khasiat Pengobatan Dengan Daun Binahong

Binahong merupakan salah satu jenis tanaman obat yang sudah dikenal banyak orang. Tanaman binahong ini memiliki bentuk batang yang menjalar dan rimpang. Dengan panjang yang bisa mencapai 10 meter. Binahong termasuk tanaman yang memiliki jenis batang lunak, silindris, saling membelit anatar satu batang dengan batang lainnya.

manfaat daun binahong, khasiat pengobatan daun binahong, daun binahong untuk mengobati penyakit apa saja

Daun binahong memiliki jumlah kadar air yang tinggi. Daun binahong keluar melalui buku pada batangnya. Daun binahong termasuk jenis daun tunggal, bertangkai pendek, memiliki susunan yang berseling, berwarna hijau dan panjang setiap daun rata-rata 5-13 cm lebarnya sekitar 3-10 cm. setiap helai daun binahong memiliki karakter yang tipis dan lemas.

Manfaat binahong memang banyak sekali untuk mengatasi beragam penyakit. Kandungan didalam binahong antara lain saponin, alkaloid, polifenol, mono polisakarida, L-arabinosa, D-galaktose, L-rhamnose, D-glukosa, flavanoid, asam oleanolik, protein, asam askorbat, dan juga anti oksidan. Berikut ini beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan manfaat binahong

1. Mengobati maag

Manfaat binahong salah satunya adalah mengobati maag. Maag terjadi karena kandungan asam lambung yang berlebih didalam perut. Dengan merebus daun binahong bersama dengan air lalu mengkonsumsinya bisa menyembuhkan sakit maag

2. Menghilangkan jerawat

Manfaat binahong selanjutnya adalah sebagai penghilang jerawat. Caranya siapkan 5 lembar daun binahong yang sudah dicuci bersih. Lalu tumbuk sampai halus. Oleskan pada wajah yang terdapat jerawat. Penggunaan tumbukan daun binahong akan lebih baik jika digunakan pada saat malam hari.

3. Menyembuhkan luka

Jika kita tergores atau terkena benda tumpul pastinya akan sangat menanggu. Daun binahong sendiri memiliki sifat dapat menyembuhkan luka luar. Pengobatan dengan manfaat binahong ini dengan cara menumbuk beberapa helai daun binahong. Kemudian mengoleskannya ke luka secara merata. Agar lebih aman setelah diolesi tumbukan daun binahong, berikan perban agar terhindar dari infeksi.

4. Meningkatkan stamina

Manfaat binahong yang lainnya adalah sebagai pembangkit stamina yang telah menurun. Sifat daun binahong yang aprodisiak mampu membangkitkan stamina dan juga vitalitas pria. Banyak juga ramuan obat herbal yang menggunakan daun binahong sebagai bahan untuk meningkatkan vitalitas pada pria yang mengalami gangguan seksual seperti lemah syahwat. Penggunaan daun binahong juga dapat menambah tenaga bagi mereka yag bekerja berat.

5. Mengobati asam urat

Manfaat binahong juga bisa untuk mengobati asam urat. Binahong mampu menghancurkan Kristal-kristal asam urat yang banyak terdapat pada daerah persendian. Asam urat sendiri terjadi karena penumpukan Kristal tersebut yang terlalu banyak pada daerah sendi. Jika tidak segera ditangani, asam urat bisa menyebabkan kelumpuhan bagi penderitanya. Dengan binahong ini maka akan menghilangkan asam urat yang berada pada daerah persendian.

6. Mengontrol kolestrol

Manfaat binahong juga ampuh untuk menurunkan dan mengontrol kadar kolestrol dalam darah. Kolesterol didalam darah akan membuat terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, sehingga darah yang mengalir ke tubuh menjadi tidak lancar. Aliran darah yang tidak lancar ini dapat menyebabkan peenyakit-penyakit yang mematikan seperti stroke. Dengan mengkonsumsi secara rutin rebusan daun binahong maka akan menurunkan kadar kolesterol dan mengontrolnya.

7. Mengobati radang ginjal

Ginjal merupakan organ vital yang tidak boleh diabaikan kesehatannya. Apabila sampai terjadi gangguan pada ginjal berarti akan mengganggu seluruh kesehatan Anda. Seperti halnya radang ginjal, radang ginjal bisa diobati dengan merebus daun binahong bersama dengan air. Konsumsi secara rutin air rebusan agar ginjal lekas sehat.

Demikian beberapa penjelasan tentang manfaat binahong. Dengan menggunakan obat herbal maka kita akan jauh dari efek samping yang mungkin saja dapat terjadi.