Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Khasiat Tersembunyi Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah salah satu jenis jeruk yang tergolong berukuran kecil. Biasanya jeruk nipis banyak digunakan untuk tambahan bumbu masakan agar terasa asam. Air perasan jeruk nipis juga digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan laut. Bahkan manfaat jeruk nipis juga banyak digunakan sebagai tambahan untuk membuat minuman agar memiliki rasa yang segar.

khasiat jeruk nipis, manfaat kesehatan jeruk nipis, pengobatan dengan jeruk nipis

Kandungan didalam jeruk nipis sangatlah banyak. Antara lain adalah macronutrients, serat, kalor, flavonoid, asam sitrat, mineral, karbohidrat, serat pangan, lemak, protein, kalsium, asamfolat, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, gula dan pastinya vitamin C yang sangat tinggi.

Selain manfaat jeruk nipis sebagai tambahan dalam bumbu masakan, jeruk nipis juga sering digunakan sebagai obat yang sangat berkhasiat. Manfaat jeruk nipis sebagai pengobatan memang sangat beragam. Berikut adalah beberapa penyakit yag dapat diobati dengan jeruk nipis.

Memperbaiki saluran pencernaan

Usus sebagai pengolah makanan harus selalu dijaga kesehatannya. Hal ini agar makanan yang masuk dapat diproses dengan normal sehingga dapat menjadi lebih maksima. Namun jika dalam saluran pencernaan ini mengalami gangguan maka makanan yang masuk tidak bisa diproses secara maksimal sehingga akan mengalami penurunan kinerja. Ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan sedikit air hangat. Dengan air perasan jeruk nipis tersebut usus akan bergerak dengan baik sehingga saluran pencernaan tetepa akan normal untuk memproses makanan.

Mengatasi asam urat

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah mampu melarutkan asam urat. Dengan kandungan asam sitrat yang terkandung didalam jeruk nipis, mampu melarutkan asam urat. Mengkonsumsinya setiap pagi dan juga sore hari perlahan akan mengobati asam urat.

Mengobati diabetes

Manfaat jeruk nipis dengan kandungan serat larutnya yang dipercaya mampu membantu mengatur sistem penyerapan tubuh dari gula yang menuju ke aliran darah. Dengan mengatur penyerapan gula, maka diabetes perlahan bisa diatasi.

Mengobati jantung

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah mengobati penyakit jantung. Seperti yang kita tahu, penyakit jantung terjadi karena penyempitan yang terjadi pada pembuluh darah sehingga menyebabkan aliran darah tidak lancar. Penyempitan bisa terjadi karena tumpukan kolesterol jahat didalam pembuluh darah. Kandungan serat larut dalam jeruk nipis ini mampu menghilangkan kolesterol jahat didalam pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar.

Gangguan pernafasan

Kandungan flavonoid didalam jeruk nipis yang dijadikan menjadi minyak flavonoid memiliki sifat anti kongestif. Dengan menghirup aroma dari minyak flovanoid ini makan bisa meredakan rasa sesak dan perasaan mual.

Mengobati radang sendi

Radang sendi bisa terjadi karena penumpukan asam urat didalam tubuh. Asam urat sendiri merupakan salah satu hasil pembuangan air kecil yang akan membersihkan tubuh. Manfaat jeruk nipis dengan kandungan asam sitratnya bisa membantu melarutkan asam urat dan juga mampu meningkatkan jumlah dieliminasi dalam air urin.

Mengatasi gangguan kemih

Manfaat jeruk nipis kali ini adalah kandungan kaliumnya yang memiliki fungsi yang sangat baik untuk menghilangkan zat yang beracun dan juga beragam endapan yang ada didalam ginjal dan kandung kemih. Jeruk nipis memiliki sifat desinfektan yang dapat membantu menyembuhkan apabila terjadi infeksi dikandung kemih. Jeruk nipis juga mampu melancarkan air seni yang sebelumnya terhambat oleh endapan kalsium di saluran kemih.

Itulah 7 manfaat jeruk nipis yang sangat berguna bagi tubuh. Ddengan menjaga kesehatan tubuh dengan benar, maka kita akan dijauhkan dari beragam penyakit.